JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP

Widana, Fia Mara Gama (Unknown)
Sudibyo, Elok (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2025

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut keterampilan literasi sains yang kuat, namun hasil evaluasi internasional seperti PISA dan TIMSS menunjukkan rendahnya kemampuan literasi sains siswa Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya metode pembelajaran inovatif yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan literasi sains siswa SMP. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan subjek penelitian siswa kelas VII-D di salah satu sekolah di Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan PBL, lebih dari 45% siswa memiliki tingkat literasi sains yang rendah. Penerapan PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep sains dan menerapkannya dalam situasi nyata. Peningkatan literasi sains ini diharapkan dapat mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan global di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...