Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) adalah mata pelajaran penting yang mendukung kesehatan fisik, mental, dan sosial peserta didik. Namun, rendahnya minat peserta didik terhadap pembelajaran PJOK menjadi tantangan yang harus diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Anime Kuroko No Basuke terhadap minat belajar peserta didik kelas XI di SMKN 1 Kota Kediri. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu dengan dua kelompok, kelompok eksperimen yang menggunakan Anime dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Sampel terdiri dari 66 peserta didik yang dipilih secara Purposive Sampling. Analisis data menggunakan SPSS 26 meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada minat belajar kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Media pembelajaran Kuroko No Basuke terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar dan dapat menjadi alternatif untuk pembelajaran PJOK yang lebih menarik.
Copyrights © 2025