Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui lebih dalam mengenai peran BPMP Banten dalam program pendampingan penggunaan Platform Merdeka Mengajar kepada guru, dan mengidentifikasi faktor pendukung, hambatan yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPMP Banten telah menjalankan perannya dengan baik melalui program pendampingan sosialisasi, berbagi praktik baik, serta advokasi dan monitoring kesekolah. Terdapat faktor pendukung dari keberhasilan program pendampingan tersebut seperti tersedianya SDM ahli yang kompeten, relevansi materi sesuai kebutuhan guru, manajemen koordinasi yang baik, dan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, BGP Banten dan sekolah. Dalam pelaksanaannya juga terjadi faktor penghambat seperti rendahnya motivasi guru dalam memanfaatkan PMM masih menjadi masalah saat ini. Untuk menghadapi persoalan itu BPMP Banten melakukan kegiatan advokasi dan monitoring secara langsung kesekolah agar dapat memantau dan memberikan penguatan tentang pengimplemantasian Kurikulum Merdeka melalui PMM serta mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh sekolah.
Copyrights © 2025