JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pelatihan Pembuatan Jamu Herbal Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tanjung Purba, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang

Sitorus, Rahayu (Unknown)
Lubis, Yogie Pramana (Unknown)
Sari, Vivi Artika (Unknown)
Hersa, Kareena Nabilla (Unknown)
Samosir, Yani Zunaida (Unknown)
Hizbullah, Muhammad (Unknown)
Supiyani, Supiyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2025

Abstract

Pelatihan pembuatan jamu herbal merupakan bagian dari Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan di Desa Tanjung Purba, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kesadaran masyarakat, khususnya ibu rumah tangga, dalam memanfaatkan tanaman herbal lokal untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan ekonomi. Pelatihan menggunakan pendekatan Participatory Learning and Action (PLA) yang melibatkan masyarakat secara aktif dalam proses pembelajaran dan praktik. Kegiatan berlangsung selama dua hari dengan metode teori dan praktik. Peserta diperkenalkan pada bahan-bahan herbal lokal seperti temulawak, kunyit, jahe, dan serai, serta diajarkan cara pengolahan dan pengemasan produk jamu herbal secara higienis dan menarik. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta. Seluruh peserta mampu membuat produk jamu herbal berkualitas, mengemasnya dengan baik, dan memahami nilai ekonomis dari produk tersebut. Program ini berhasil mendorong kemandirian dan kewirausahaan masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya lokal, membuka peluang usaha baru, serta meningkatkan kesejahteraan keluarga dan komunitas di Desa Tanjung Purba. Pelatihan ini juga menjadi langkah strategis dalam mendukung kesehatan masyarakat dan memberdayakan ekonomi desa secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...