JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Hubungan Tingkat Pengetahuan Buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) dengan Tindakan Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tinombo

Mita, Mita (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)
Kindang, Ismundandar Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2025

Abstract

Minimnya pemahaman sang ibu mengenai buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang masih banyak yang beranggapan sebagai buku catatan kesehatan. Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) merupakan alat komunikasi dan media informasi yang penting bagi tenaga kesehatan, ibu balita, keluarga dan masyarakat. Peningkatan implementasi buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) didukung oleh pemerintah pusat sebagai salah satu program peningkatan kesehatan ibu dan anak. Fungsi dari peneliti melakukan penelitian yaitu guna membuktikan adanya hubungan tingkat pengetahuan tentang buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) dengan tindakan ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Tinombo. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Jumlah populasi pada penelitian ini yaitu 240 ibu hamil dengan jumlah sampel 53 ibu hamil, dengan tekhnik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan tentang buku KIA yang kurang berjumlah 24 responden (45,28%), dan sebagian besar mempunyai tindakan negatif yaitu sebanyak 29 responden (54,71%). Hasil penelitian dari 53 responden menggunakan uji Chi-Square dan didapatkan nilai p=0,048 (P<0,05). Ada hubungan tingkat pengetahuan tentang buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) dengan tindakan ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Tinombo. Bagi Puskesmas Tinombo agar dapat memantau ibu hamil dalam tindakannya dan pengetahuannya tentang buku KIA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...