Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif menggunakan software adobe flash professional cs 6 yang valid, dan praktis,. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP N 23 Medan berjumlah 30 siswa, sedangkan objek penelitian ini ialah media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash profesional CS6. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket validasi materi, media, respon siswa dan guru tentang kepraktisan media pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai validitas media pembelajaran sebesar 82 % termasuk dalam kategori sangat layak. 2) ) Nilai validitas materi media pembelajaran sebesar 88,33 % termasuk dalam kategori sangat layak. 3) Dari angket respon guru diperoleh kategori sangat praktis, kepraktisan media pembelajaran memperoleh skor 83,33% dan pada kategori sangat praktis penilaian siswa memperoleh skor 84 %. Dari hasil data angket validasi materi, media, respon siswa dan guru tentang kepraktisan media pembelajaran Berbasis Adobe Flash propesional CS6 dinyatakan media tersebut sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2025