Produktivitas Belajar didefinisikan sebagai tingkat efisiensi dan efektivitas siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran melalui usaha, waktu, dan sumber daya yang digunakan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas belajar pada siswa/i di SMAN 1 Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah. Metode penelitian bersifat analitik dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 76 responden yang dipilih secara stratified random sampling. waktu penelitian dari tanggal 22 Juli s/d 09 September 2024. Analisis dilakukan menggunakan uji chi-square. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan motivasi belajar terhadap produktivitas belajar pada siswa/i di SMAN 1 Syiah Utama dengan nilai P value (0,003), ada hubungan Lingkungan Belajar terhadap produktivitas belajar pada siswa/i di SMAN 1 Syiah Utama dengan nilai P value (0,006), ada hubungan yang signifikan dari metode pengajaran terhadap produktivitas belajar pada siswa/i di SMAN 1 Syiah Utama dengan nilai P value (0,029) dan ada hubungan kesehatan mental terhadap produktivitas belajar pada siswa/i di SMAN 1 Syiah Utama dengan nilai P value (0,002). kesimpulan dalam penelitian adalah semua faktor yang diteliti memiliki hubungan yang signifikan dengan produktivitas belajar pada siswa dan siswi SMAN 1 Syiah Utama. Dan hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan produktivitas belajar, perlu memperhatikan aspek-aspek tersebut.
Copyrights © 2025