Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terdapat bepikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangya keterlibatan siswa dalam membagun kerampilan mendasar,kurangnya terlibat siswa dalam menyimpulkan masalah,kurang terlibatnya siswa dalam bertanya dan menjawab pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 331 orang. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 73 orang, yaitu siswa kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes,observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis hasil uji t pada penelitian ini dilakukan pengambilan keputusan dengan membandingkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan yang signifikan. selanjutnya dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Untuk ttabel dapat dilihat pada tabel distribusi nilai ttabel dengan df=71 dan taraf signifikansi 5% maka diperoleh nilai ttabel sebesar 2,00. Sehingga diperoleh hasil perhitungan thitung > ttabel atau 9,848 > 2,00 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan cara berpikir kritis siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru.Kata Kunci : Project Based Learning (PJBL), Berpikir Kritis dan Pembelajaran IPS.
Copyrights © 2025