PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Vol 8, No 2 (2024): Volume 8 Nomor 2 Oktober 2024

Pemberian Reward Melalui Penerapan Manajemen Peserta Didik Di Sekolah Dasar

karadona, Rosika Indri (Unknown)
Hutagalung, Evita Anindiyan (Unknown)
nurwahidah, nurwahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Fokus penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di berbagai lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pemberian reward dalam konteks penerapan manajemen siswa di SD Islam Darul Hikmah Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward memberikan dampak positif terhadap motivasi, partisipasi aktif, dan perilaku siswa. Penerapan reward yang terencana dan terstruktur telah mendorong peningkatan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta membentuk sikap disiplin dan tanggung jawab. Namun perlu diperhatikan pentingnya penanaman nilai-nilai intrinsik dalam pembelajaran, serta kerjasama yang erat antara guru, orang tua dan sekolah. Penelitian ini memberikan pandangan mendalam mengenai efektivitas rewarding dalam memfasilitasi pengelolaan siswa di SD Islam Darul Hikmah Makassar, sehingga memberikan kontribusi berharga bagi pengembangan strategi pendidikan yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...