AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 3 No. 1 (2025): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

STRATEGI PENINGKATAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP TATA KELOLA KEUANGAN KELUARGA BERBASIS SYARIAH DI KELURAHAN MULYAHARJA KAMPUNG LEMBUR SAWAH

Sofiyana, Anna (Unknown)
Munawar, Wildan (Unknown)
Pangestu, R. Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan pemahaman masyarakat terhadap tata kelola keuangan keluarga berbasis syariah di Kelurahan Mulyaharja Kampung Lembur Sawah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan teknik analisis SWOT. Populasi dari penelitian ini ibu-ibu rumah tangga dan masyarakat Kampung Lembur Sawah dengan sampel 15 responden. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan pemahaman masyarakat terhadap tata kelola keuangan keluarga berbasis syariah masuk pada tipe Kuadran I (positif) yang mana tipe tersebut merupakan posisi yang kuat dan memiliki peluang dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap tata kelola keuangan berbasis syariah. Strategi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap tata kelola keuangan berbasis syariah dengan cara melibatkan Masyarakat serta influencer terkenal sebagai ambassador, mengadakan pelatiha penyusunan daftar kebutuhan menggunakan platform digital, memperkenalkan media yang dapat menambah wawasan masyarakt terkait tata Kelola keuangan syariah, serta memberikan pemahamn terkait zakat, infak dan shadaqah secara online agar dapat mengakses di berbagai media sosial seperti youtube, tik tok, Instagram, dompet dhuafa dan platform lain

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...