Abstrak. Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran karena dapat membantu guru dan siswa. Teknologi pada era sekarang juga berkembang sangat pesat oleh karena itu diperlukan juga penyesuaian terhadap media pembelajaran yang berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media power point interaktif berbasis motion graphic dalam proses pembelajaran dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaannya dalam pembelajaran. Model ADDIE digunakan dalam penelitian ini yang dikembangkan oleh Dick & Carrey. Subjek penelitian melibatkan 30 siswa SMA Negeri 1 Meliau, serta tiga orang guru biologi dari sekolah yang berbeda dan dua orang dosen Pendidikan Biologi FKIP Untan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media power point interaktif berbasis motion graphic valid dan reliabel, dengan nilai CVR sebesar 0,99 dan nilai ICC sebesar 0,906. Selain itu, respon siswa terhadap media ini mendapat hasil rata-rata keseluruhan 84,22% dengan kategori baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media power point interaktif ini dapat valid dan layak sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran materi sistem pencernaan di kelas XI di SMA Negeri 1 Meliau. Abstract. Learning media is important in the learning process because it can facilitate teachers and students. Technology in the current era is also developing very rapidly, therefore adjustments to technology-based learning media are also needed. This research aims to develop interactive power point media based on motion graphics in the learning process and determine student responses to its use in learning. The ADDIE model was used in this study which was developed by Dick & Carrey. The research subjects involved 30 students of SMA Negeri 1 Meliau, as well as three biology teachers from different schools and two lecturers of Biology Education FKIP Untan. The validation results showed that the motion graphic-based interactive power point media was valid and reliable, with a CVR value of 0.99 and an ICC value of 0.906. In addition, student responses to this media received an overall average of 84.22% in the good category. These results indicate that this interactive power point media can be valid and feasible so that it can be used for learning digestive system material in class XI at SMA Negeri 1 Meliau.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025