Najwa
Vol. 2 No. 2 (2024): November

Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Mawahib, Mahdil (Unknown)
Nirmalasari, Dela (Unknown)
Noviansyah, Arvi (Unknown)
Pratiwi, Ayu Cahya (Unknown)
Arsa, Dennyza syifa Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2025

Abstract

Banyaknya usaha UMKM di Indonesia menyebabkan semakin ketatnya persaingan wirausaha dagang. UMKM Bawang Goreng Pandawa menghadapi tantangan dalam memasarkan produknya karena masih menggunakan cara pemasaran tradisional. Pengabdian ini menggunakan metode PAR dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasilnya menunjukan bahwa sebelum penerapan digital marketing, UMKM Bawang Merah Goreng PANDAWA mengalami keterbatasan jangkauan pasar dan kesulitan dalam memperluas akses ke konsumen di luar area lokal. Setelah pendampingan dan pelatihan, terjadi peningkatan pemahaman dan penerapan teknologi pemasaran digital. UMKM berhasil membuat akun di Shopee, mengelola media sosial, dan menerapkan teknik foto produk yang meningkatkan daya tarik visual produk. Digital marketing terbukti efektif dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing UMKM Bawang Merah Goreng PANDAWA. Pelatihan yang diberikan membantu meningkatkan keterampilan UMKM dalam menggunakan teknologi digital untuk pemasaran. Meskipun ada beberapa tantangan dalam adopsi teknologi, seperti keterbatasan pemahaman awal dan sumber daya, pendampingan yang tepat mampu meningkatkan efisiensi operasional UMKM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

najwa

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences Other

Description

Focus and Scope of Articles published in Najwa: Journal of Research-based Community Service such as Participatory Action Research (PAR), Asset-based Community Development (ABCD), Asset-Based Community Development, Community-Based Research, Service Learning, Community Development, Training and ...