Journal of Gurutta Education
Vol. 4 No. 1 (2025): Journal of Gurutta Education (JGE)

Strategi Pendidik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik

Johariyah, St (Unknown)
Samsuddin, Samsuddin (Unknown)
Wahid, Abd (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh pendidik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti untuk menanamkan karakter religius peserta didik di SMK 3 Negeri Kabupaten Gowa. Masalah yang diangkat adalah bagaimana strategi pengajaran yang digunakan dapat berkontribusi dalam pembentukan karakter religius di kalangan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik menerapkan berbagai strategi, termasuk pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok, dan penggunaan teknologi dalam pengajaran. Strategi-strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai religius oleh peserta didik. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penerapan strategi pengajaran yang beragam dan kontekstual sangat penting dalam menanamkan karakter religius, serta memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk terus mengembangkan metode pengajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik di era modern. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan karakter religius di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jge

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

Gurutta of Education: Journal of Islamic Religious Education Studies and Islamic Education Issues (e-ISSN: 2829-6737) It is published twice a year in June and December. The Journal of Islamic Religious Education is published by the Masters Study Program of Islamic Religious Education Postgraduate ...