Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna pada anak kelompok A Paud Aur Mayan melalui media papan warna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian Kemmis & Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A Paud Aur Mayan yang berjumlah 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila penggunaan media papan warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna memperoleh nilai 75% keatas dari semua indikator kemampuan kognitif berada pada indikator berkembang sangat baik. Meningkatnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna dapat dibuktikan dengan peningkatan dari hasil observasi prasiklus, siklus I dan siklus II. Kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna pada prasiklus menunjukkan rata-rata persentase 21,88%. Pada siklus I meningkat mencapai 40,63% dan siklus II meningkat mencapai persentase 81,25% dan telah memenuhi indikator keberhasilan minimal 75% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media papan warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna di kelompok A Paud Aur Mayan Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022