Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi, kualitas produk dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian di Pasar Mama-mama Papua. Serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi, kualitas produk dan harga secara parsial terhadap keputusan pembelian di Pasar Mama-mama Papua. Penelitian ini dilakukan pada Pasar Tradisional di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong (Pasar Remu, Pasar Pagi dan Pasar Sore serta pasar mariat Kabupaten Sorong) dengan pertimbangan bahwa data dan informasi yang dibutuhkan penulis mudah diperoleh serta sangat relevan dengan pokok permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan waktu yang digunakan selama kurang lebih 4 bulan mulai dari bulan oktober 2024 sampai dengan Bulan Januari 2025. Metode dalam penelitian adalah metode kuantitatid deskriptif dengan menggunakan pengumpulan data berbentuk angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yakni Komunikasi pelayanan (x1) Kualitas produk (x2) dan Harga (x3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang berada di Pasar tradisional Kota Sorong dan Kabupaten Sorong. Hal ini berarti pedagang mama-mama Papua senantiasa mengedepankan komunikasi pelayananan, kulitas produk dan harga dalam memasarkan jualan atau produk mereka di Pasar Tradisional. Hasil pengujian variabel independen yakni Komunikasi pelayanan (x1) dan Harga (x3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang berada di Pasar tradisional Kota Sorong dan Kabupaten Sorong sedangkan variabel Kualitas produk (x2) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini berarti Kualitas produk yang dilakukan pedagang mama-mama Papua pada pasar tradisional tidak menjadi tolak ukur utama pada peningkatan keputusan pembelian.
Copyrights © 2024