GREAT: Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam
Vol 2, No 1 (2025): Journal of Management And Islamic Business

Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Snack Makar Makanan Rakyat

Irawati, Siti (Unknown)
Musahidah, Ucu (Unknown)
Hilwa, Wirda (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi alternatif pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada usaha Snack Makar Makanan Rakyat. Menggunakan pendekatan strategi pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan Bauran Pemasaran 4P (Product, Place, Price, Promotion) yang diterapkan pada usaha Snack Makar Makanan Rakyat. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan usaha Snack Makar Makanan Rakyat sebagai objek penelitiannya. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), matriks IFE-EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil analisis matriks IFE-EFE memperoleh total skor matriks IFE 2,63 dan total matriks EFE 3,17. Pada matriks IE menunjukan berada pada posisi sel I dan II berada pada tahap grow and build. Hasil analisis matriks SWOT merekomendasikan 12 alternatif strategi yang kemudian diurutkan menggunakan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk mengetahui strategi prioritas utama dari berbagai strategi alternatif yang ada. Adapun dari 12 alternatif strategi terdapat strategi prioritas utama yaitu: Meningkatkan kerjasama dengan reseller, sekolah, dan warung untuk memperluas distribusi produk secara offline dan memanfaatkan teknologi dan informasi untuk memperluas jangkauan promosi dan penjualan produk seperti berjualan online atau digital marketing.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

great

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

GREAT Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam is a scholarly journal published by Shariah Business Management Department, School of Islamic Economics (STEI SEBI). GREAT journal has been issued since 2024 and it’s have published twice in a year in January and July. The journal has been publishing ...