Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan perilaku keuangan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah pengunjung Rumah Sakit Bella, pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling dengan total sampel berjumlah 133. Uji statistik menggunakan Smart PLS 4.1 Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Kualitas Layanan tidak menunjukkan pengaruh signifikan baik terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai p-value 0,119 maupun Loyalitas Pelanggan dengan nilai p-value 0,662. Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan nilai p-value 0,000 dan t-statistic 10,767. Sementara itu, Perilaku Keuangan juga memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai p-value 0,000 dan t-statistic10,049, namun tidak berpengaruh signifikan langsung terhadap Loyalitas Pelanggan dengan nilai p-value 0,174 dan t-statistic = 1,358). Kepuasan Pelanggan tidak memediasi hubungan antara Kualitas Layanan dan Loyalitas Pelanggan secara signifikan dengan nilai p-value 0,127. Sebaliknya, Kepuasan Pelanggan secara signifikan memediasi hubungan antara Perilaku Keuangan dan Loyalitas Pelanggan dengan nilai p-value 0,000 dan t-statistic 7,364.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025