Agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mencapai hasil yang maksimal, sebagai pendidik harus sadar dan mampu melakukan pembaharuan dalam pendidikan. Menggunakan media pembelajaran yang efektif, menarik, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa merupakan salah satu metode pembaharuan pembelajaran. Dalam hal ini digunakan media pembelajaran wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design tipe Post-test only control group design. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gunggung 1 Kabupaten Sumenep dengan jumlah 69 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 orang siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa Post-test menggunakan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran konvensional atau tanpa melibatkan media pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025