Salah satu elemen penting dalam perencanaan wilayah dan kota adalah aspek penandaan atau signage.Diantara unsur penandaan yang cukup penting adalah penataan reklame. Penataan Reklame RuangLuar (RRL) melibatkan banyak pihak, diantaranya pemerintah, pengusaha, biro iklan dan masyarakat.Motif bersaing menjadi jumlah tidak terkendali, terutama di lokasi yang strategis. Tujuan penting dalamkajian ini adalah adanya keseimbangan antara Keamanan meliputi struktur, mengacaukan rambu dankeselamatan pengamat, Penempatan meliputi sudut pandang/ medan penglihatan dan kejelasan visual.Estetika meliputi irama, sekuen dan keeimbangan. Fungsi, meliputi penonjolan, daya hidup danketerbacaan serta yang paling penting adalah Peraturan, meliputi penempatan di suatu lokasi, memilikiketinggian di atas 3.50 meter dan lain-lain. Berdasarkan kajian awal di lapangan diperoleh kondisibahwa sangat banyak RRL yang tidak sesuai dengan lokasi bahkan merusak tatanan visual yang ada.Metode penelitian dititik beratkan pada penelaahan dan penganalisaan kualitas sosial. Mengingatpentingnya penandaan dalam perencanaan kota maka secara fisik harus mudah dibaca (legible),berkesan (imageable) dan indah (estetis). Hasil akhir kajian ini antara lain lebih menekankanpenajaman variabel keterkaitannya dengan perabot jalan yang lain, pemasangan reklame untuk malamhari atau reklame yang bisa digerakkan secara elektronis, penentuan bentuk dan ukuran bagi setiaplokasi serta manajemen penataan iklan.
Copyrights © 2017