Kemampuan berpikir kreatif siswa SD masih cukup rendah sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas siswa, yaitu model PjBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD selama 5 tahun terakhir yang dipublikasikan pada jurnal terindeks Scopus dan SINTA. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur terhadap 57 artikel dengan bantuan aplikasi Publish or Perish, serta bibliometrik untuk memetakan hasil visualisasi dari aplikasi VOSviewer mengenai model PjBL berdasarkan jumlah kluster dan itemnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, dan mendorong siswa dalam kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, hasil belajar, kolaborasi, dan komunikasi matematis. Selain itu model PjBL dapat diintegrasikan dengan beberapa mata pelajaran seperti IPA, IPS, Matematika, SBDP, Bahasa Indonesia, dan Pembelajaran Tematik, model ini cocok untuk siswa di kelas tinggi karena pada usia ini siswa dapat menangani proyek yang lebih kompleks. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model PjBL melibatkan siswa dalam penyelesaian proyek nyata yang relevan dengan kehidupan mereka yang dapat memberikan peningkatan pada kemampuan berpikir kreatif siswa SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PjBL memiliki potensi besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SD sehingga dapat menjadi landasan bagi guru untuk mengintegrasikannya dalam pembelajaran dengan mendorong siswa mengembangkan kemampuan berpikir kreatif melalui proyek yang relevan dengan kehidupan nyata.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025