Peneliti ini bertujuan untuk menjelaskan tentang tingkat pemahaman dan penerapan literasi digital di kelas V UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitiatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi melalui wali kelas dan seluruh siswa kelas V di UPT SPF SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini akan mengungkap gambaran mendalam mengenai cara siswa berinteraksi dengan teknologi dalam konteks pembelajaran, termasuk pola penggunaan perangkat digital dan aplikasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman literasi digital siswa cenderung terbatas pada penggunaan aplikasi tertentu tanpa memahami aspek keamanan dan etika digital secara menyeluruh. Penerapan literasi digital di kelas didukung oleh guru melalui penggunaan media pembelajaran interaktif, tetapi masih terdapat hambatan dalam penyediaan infrastruktur teknologi. Fenomena ini menekankan pentingnya pengembangan program literasi digital yang lebih komprehensif, termasuk pelatihan bagi guru dan siswa untuk mendukung pembelajaran yang relevan dengan era digital.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024