Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2024): September

Implementasi Model Pembelajaran Project-Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Parinussa, Nathasya Claudia (Unknown)
Ritiauw, Samuel Patra (Unknown)
Salamor, Lisye (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi model pembelajaran Project-Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas lima sekolah dasar yang terdiri atas enam siswa perempuan dan delapan siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pencapaian akademik siswa setelah penerapan model pembelajaran Project-Based Learning. Rata-rata nilai sebelum penerapan adalah 72,8 dan meningkat menjadi 81 setelah penerapan. Selain itu, keterlibatan dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan, yang menunjukkan bahwa model pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa. Temuan ini merekomendasikan penerapan Project-Based Learning sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pijar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus ilmiah tentang bidang pendidikan dan pembelajaran serta media untuk mempromosikan hasil-hasil penelitian lapangan dan kajian literatur dari para peneliti, guru, dosen, ...