Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran big book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II UPT SD Negeri no.7 Batang Kabupaten Jeneponto pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan membaca permulaan, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang pelaksanaanya di setiap siklusnya mengacu pada prosedur penelitian dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus 1 pertemuan 1 diperoleh kategori cukup (C), sedangkan pertemuan 2 diperoleh kategori baik (B). Siklus 2 diperoleh kategori baik (B) yang mengalami peningkatan dari siklus 1. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus 1 diperoleh kategori Cukup (C) sedangkan siklus 2 mengalami peningkatan dengan kategori Baik (B). Untuk tes akhir pada siklus 1 hanya terdapat 4 peserta didik yang tuntas dari 16 peserta didik atau diperoleh kategori kurang (K). Siklus 2 mengalami peningkatan signifikan dengan peserta didik yang tuntas dengan kategori baik (B).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024