Kurikulum menjadi bagian yang penting dalam keberlangsungan proses belajar mengajar. Sehingga pendidikan jika tidak menggunakan kurikulum dalam system pembelajarannya maka akan berjalan tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 8 Medan, kecamatan Medan Area, Kota Medan. Medan. Subjek penelitian ini yaitu guru geografi kelas X di SMA Negeri 8 Medan yang berjumlah 2 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Geografi, teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari tiga aspek yaitu: 1) Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek perencanaan, berdasarkan hasil validasi, ATP memperoleh skor rata-rata yaitu 88,23% masuk dalam kategori cukup, sedangkan modul ajar memperoleh skor rata-rata yaitu 45,64% dimana termasuk dalam kategori kurang; 2) Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek Pelaksanaan pembelajaran menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran di kelas X Memperoleh skor rata-rata 34,26% termasuk dalam kategori kurang; 3) Implementasi Kurikulum Merdeka ditinjau dari aspek evaluasi menunjukan bahwa evaluasi pembelajaran yang dilakukan di kelas X memperoleh skor rata-rata 31,25% yang termasuk dalam kategori kurang. dalalam aspek evaluasi juag guru menggunakan penilaian formatif dan sumatif; 4) Implementasi Kurikulum Merdeka yang dilakukan di kelas X SMA Negeri 8 Medan berdasarkan standar proses pada pembelajaran geografi memperoleh skor rata-rata 56,04% dan temasuk dalam kategori kurang.
Copyrights © 2025