Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan Media Pembelajaran Digital Berbasis Humanis untuk Menumbuhkan Minat Membaca Siswa

Yasinta Mahendra (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Rohmani Rohmani (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Berta Apriza (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran digital berbasis humanis guna menumbuhkan minat membaca siswa di SD Muhammadiyah Soekarno Hatta Kotabumi. Di era digital, penting bagi guru untuk memanfaatkan teknologi dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menarik, khususnya untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Pendekatan humanis diterapkan agar media pembelajaran yang dikembangkan tidak hanya efektif secara teknis, tetapi juga memperhatikan aspek emosional dan kebutuhan individual siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pelatihan intensif terkait penggunaan perangkat lunak pengembangan media pembelajaran, pendampingan dalam penerapan konsep humanis dalam pembelajaran digital, serta evaluasi untuk mengukur peningkatan kompetensi guru dan dampaknya terhadap minat membaca siswa. Hasil dari kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan guru mengembangkan media pembelajaran digital yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu, minat membaca siswa juga mengalami peningkatan, ditandai dengan lebih aktifnya siswa dalam berinteraksi dengan bahan bacaan yang disajikan secara digital. Melalui pelatihan, pendampingan, dan evaluasi, didapat hasil sebanyak 80% guru mampu membuat media digital menarik, dengan 70% media tersebut mendapat respons positif dari siswa, serta peningkatan skor keterampilan guru dari 65 ke 85 (pre-post-test). Fasilitas berupa perpustakaan mini dan akses bahan bacaan digital juga disediakan, sehingga siswa rata-rata membaca 3-5 bahan bacaan per minggu. Selain itu, 75% orang tua terlibat aktif dalam mendukung literasi, yang berdampak pada peningkatan minat baca siswa sebesar 30%, ditandai dengan bertambahnya waktu membaca harian dari 15 menit menjadi 25 menit. Kegiatan ini berhasil meningkatkan keterampilan guru, memotivasi siswa dalam membaca, dan melibatkan orang tua untuk mendukung literasi berbasis humanis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ba-jpm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat terdaftar dengan e-ISSN: 2797-9423 dan p-ISSN: 2797-9407 menerbitkan artikel dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat maupun metode pengabdian yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan dapat diterapkan dalam mengembangkan dan membantu dosen, guru, ...