Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karanganyar Gunung 02, khususnya di kelas IV B, dengan melibatkan 23 peserta didik. Penelitian ini mengkaji penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) melalui model PBL. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk memahami kondisi alami objek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CRT melalui model PBL pada materi Ide Pokok dan Ide Pendukung berhasil meningkatkan motivasi belajar, semangat belajar, serta keterlibatan peserta didik. Pendekatan ini dinilai efektif dalam pembelajaran karena sesuai dengan karakteristik materi dan konteks budaya peserta didik. Observasi, wawancara, dokumentasi berupa video dan foto, serta laporan hasil pembelajaran mengungkapkan bahwa pendekatan CRT mampu diintegrasikan dengan model PBL. Hal ini membantu peserta didik untuk mengenal, memahami, dan mencintai budaya lokal mereka.
Copyrights © 2025