Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan implementasi pendekatan pembelajaran diferensiasi dan keefektifannya untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran matematika. Pendekatan pembelajaran diferensiasi yang digunakan diantaranya TaRL (Teaching at The Right Level), CRT (Culturally Responsive Teaching), dan DAP (Developmentally Appropriate Practice). Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 1A SD Negeri Tambakrejo 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi menggunakan pendekatan pembelajaran diferensiasi yang paling efektif dan memperoleh rata-rata hasil belajar paling tinggi adalah saat menggunakan pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) sebesar 81,8 dengan persentase 75% siswa yang telah memenuhi KKTP dari keseluruhannya. Simpulan pada penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran diferensiasi CRT (Culturally Responsive Teaching) merupakan pendekatan pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1A SD Negeri Tambakrejo 01 Kota Semarang pada muatan pelajaran matematikan materi pengurangan bilangan 1-20.
Copyrights © 2025