Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Edisi Februari 2025

EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 1A SDN TAMBAKREJO 01

Baeti, Latifah Nur (Unknown)
Wijayanti, Arfilia (Unknown)
Susianingsih, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan implementasi pendekatan pembelajaran diferensiasi dan keefektifannya untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran matematika. Pendekatan pembelajaran diferensiasi yang digunakan diantaranya TaRL (Teaching at The Right Level), CRT (Culturally Responsive Teaching), dan DAP (Developmentally Appropriate Practice). Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 1A SD Negeri Tambakrejo 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi menggunakan pendekatan pembelajaran diferensiasi yang paling efektif dan memperoleh rata-rata hasil belajar paling tinggi adalah saat menggunakan pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) sebesar 81,8 dengan persentase 75% siswa yang telah memenuhi KKTP dari keseluruhannya. Simpulan pada penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran diferensiasi CRT (Culturally Responsive Teaching) merupakan pendekatan pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1A SD Negeri Tambakrejo 01 Kota Semarang pada muatan pelajaran matematikan materi pengurangan bilangan 1-20.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...