Tanjungpura Journal of Language Education (TJoLE)
Vol 1, No 2 (2024)

Persepsi Peserta PPG terhadap Pemanfaatan LMS dalam Pembelajaran Profesi Guru Bahasa Indonesia

Zahra, Fadhila Amanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Studi ini bertujuan untuk meneliti pandangan peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan terhadap pemanfaatan sistem Learning Management System (LMS) dalam pembelajaran profesi guru Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif-deskriptif yang berfokus pada pengungkapan pandangan penggunaan LMS oleh peserta PPG. Data dalam penelitian ini berupa tanggapan secara terbuka dari perwakilan peserta PPG Prajabatan Guru Bahasa Indonesia, Universitas Tanjungpura tahun angkatan 2023-2024 yang berjumlah 7 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui metode wawancara semi terstruktur yang selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data tematik. Penelitian ini berhasil mengungkap empat tema (kegunaan, kemudahan, pengaruh sosial, dan kondisi fasilitas) berserta beberapa subtema mengenai pandangan peserta PPG Prajabatan Guru Bahasa Indonesia terhadap pemanfaatan LMS dalam pembelajaran Blended Learning. Pada tema kegunaan terdiri dari subtema berguna untuk aktivitas akademik dan pemberikan pengetahuan baru. Pada tema pengaruh sosial yang terdiri dari dosen yang merekomendasikan penggunaan. Pada tema kemudahan terdiri dari subtema mudah diakses dan dapat digunakan sesuai keinginan. Pada tema kondisi fasilitas terdiri dari perangkat sesuai dengan LMS yang digunakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jole

Publisher

Subject

Humanities Other

Description

Tanjungpura Journal of Language Education (TJoLE) is an open access journal that refereed publication devoted to research articles and conceptual articles concerned with assessment and testing in language learning and education, applied linguistics methodologies and issues, classroom language ...