Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Bina Ilmu Cendekia

Deskripsi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran IPAS

Aminulloh, Mohammad (Unknown)
Abidatillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses implementasi model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada siswa kelas VI MI Tarbiyatus Sibyan yang telah di laksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2024-2025. Metode penelitian yang dipilih peneliti untuk digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 6 MI Tarbiyatus Sibyan yang berjumlah 15 siswa. Berdasarkan hasil pengumpulan data, diperoleh infomasi bahwa rata-rata siswa merasa senang terhadap guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD), para siswa juga setuju terhadap guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD), dan guru sudah menerapkan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) yang sesuai dengan pendapat ahli, antara lain: 1) langkah yang pertama dilakukan guru adalah menyajikan dan menjelaskan materi, 2) Langkah kedua para siswa bergabung dalam beberapa kelompok yang terdiri dari empat sampai enam orang siswa sebagai anggota kelompok yang dipilih secara heterogen yang terdiri dari siswa dengan latar belakang yang berbeda dari segi prestasi akademik, jenis kelamin, suku, dll., 3) Kemudian langkah ketiga guru memberikan dan menjelaskan tugas kepada setiap kelompok yang berisi suatu topik untuk dibahas secara berkelompok, 4) langkah keempat dilakukan tes berupa kuis secara Tanya jawab antar kelompok dengan tujuan untuk mengetahui nilai setiap siswa dan nilai setiap kelompok, dan 5) Penguatan atau pembahasan yang dilakukan oleh guru guna untuk menambah pemahaman setiap siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jbic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning ...