Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 7 No 2 (2024): GUIDING WORLD ( JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING)

Peningkatan Prestasi Belajar Menggunakan Media Peta dan Globe Pada Siswa Kelas XII SMAN 2 Kota Bima

Ihsan, Ihsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan prestasi belajar siswa kelas XII SMAN 2 Kota Bima melalui penggunaan media peta dan globe dalam pembelajaran geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan media peta dan globe serta kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 72,3 dan meningkat menjadi 86,5 pada posttest, sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan dari 71,8 menjadi 78,4. Uji t menunjukkan nilai signifikansi (p) sebesar 0,001 (p < 0,05), yang berarti penggunaan media peta dan globe berpengaruh signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media peta dan globe merupakan alat bantu yang efektif dalam meningkatkan pemahaman materi geografi serta prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan bagi pendidik untuk mengintegrasikan media ini dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GW

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam ...