Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara mendalam manajemen pembelajaran kelas digital berbasis edutainment dalam menguatkan keterampilan abad 21 peserta didik pada pembelajaran fiqih di MAN Salatiga. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan data yang diperoleh penelitian bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dilaksanakan melaui data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran kelas digital berbasis edutainment dalam menguatkan keterampilan abad 21 peserta didik MAN Salatiga yakni sebagai sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, program semester, silabus serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/Modul ajar. (2) Pengorganisasian pembelajaran meliputi tiga tahapan: pertama, sebelum masuk kelas (pre-conditions), kedua, saat di dalam kelas dan, tahap ketiga sesudah pengajaran. (3) Pelaksanaan pembelajaran meliputi aktivitas awal, aktivitas inti dan aktivitas penutup. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam menguatkan keterampilan abad 21 meliputi strategi (problem based learning, project based learning, cooperative group investigation, dan inquiry learning), metode (diskusi, penugasan, ceramah, pembiasaan, tanya jawab dan keteladanan) dan media ajar. Sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran ini peserta didik dapat menguatkan daya pikirnya dalam bernalar kritis untuk memecahkan masalah, mampu mengutarakan/menyapaikan ide dan pendapatnya di forum berdasarkan permasalahan yang telah didiskusikan secara bersama-sama, yang mampu memunculkan daya kreatif dan inovasi dalam mencari serta menuntasakan suatu persoalan pembelajaran dengan rasa yakin dan percaya diri tinggi. (4) Evaluasi Pembelajaran kelas digital meliputi evaluasi proses dan hasil belajar. Hasil penelitian juga menemukan beberapa problematika yang dihadapi pada pembelajaran kelas digital yang meliputi; problematika yang dihadapi guru, problematika yang dihadapi peserta didik dan problematika sarana dan prasarana sekolah.
Copyrights © 2025