(Indonesian of Interdisciplinary Journal)
Vol. 5 No. 1 (2024): September 2024

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA

Fitria Ningsih, Eva (Unknown)
Anggraeni, Venita (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya disposisi matematis siswa yang didapatkan dari hasil wawancara guru matematika dan siswa di SMAN 1 Waringinkurung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat disposisi matematis siswa sebagai akibat dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan pada penelitin ini yaitu instrument non-tes berbentuk angket skala disposisi matematis siswa, yang terdiri dari 28 pernyataan, dimana terdapat 15 pertanyaan positif dan 13 pertanyaan negativ. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen tipe non-equivalent control group design. Terdapat dua kelas yang dijadikan penelitian, yaitu kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan, dalam hal ini menggunaan pembelajaran biasa. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa disposisi matematis siswa yang mendapat model pembelajaran dengan Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

desanta

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

DESANTA (Indonesian Interdisciplinary of Journal) adalah Jurnal berkala Ilmiah yang diterbitkan oleh Desanta Publisher. Desanta diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu setiap bulan September dan Maret. Desanta terbit berdasarkan SK no. 0005.27453537/JI.3.1/SK.ISSN/2020.09 - 15 September 2020 ...