Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2024): October

Efektivitas Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Keliling Bangun Datar dengan menggunakan Kertas Origami di Kelas IV SD Kartika 1-10 Kota Padang

Lili Rismaini (Unknown)
Gusta, Wienda (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih bersifat teacher center. Perkembangan teknologi informasi  beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapat informasi. Dengan berkembangnya teknologi dan informasi juga berpengaruh terhadap media pembelajaran. Media pembelajaran yang biasanya digunakan oleh guru berupa kertas origami. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan  meningkatkan hasil belajar siswa  dengan menggunakan kertas origami  yang efektif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode quasi experiment. Penelitian ini si laksanakan pada siswa kelas IV SD Kartika 1-10 Kota Padang. Intrumen penelitian ini dikembangkan untuk menilai keefektifan penggunaan kertas origami pada pembelajaran matematika. Analisis efektifitas dilakukan dengan uji paired t-test untuk penilaian signifikansi antara sebelum penggunaan media dan setelah penggunaan media.  Analisis dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 16. Hasil dari penelitian didapatkan efektivitas hasil belajar matematika siswa sesudah menggunakan kertas origami efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD Kartika 1-10 Kota Padang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hexagon_jipm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika a peer-reviewed journal, provides a forum for publishing original research articles, review articles from contributors, and novel technology news related to mathematics education. This journal is designed to facilitate lecturers, researchers, ...