Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran demokrasi dalam pembentukan nilai dan karakter siswa melalui tinjauan pustaka sistematik (SLR). Data dikumpulkan dari artikel yang diakses di database besar seperti Google Scholar. Hasil analisis menunjukkan bahwa prinsip demokrasi dalam pendidikan berkorelasi signifikan dengan pembentukan nilai moral dan karakter positif siswa. Demokrasi mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pengambilan keputusan, memperkuat nilai-nilai seperti keadilan dan kebebasan, serta membantu menanamkan nilai-nilai etika dalam kehidupan sehari-hari. Hasil ini mendukung teori yang menghubungkan pendidikan demokratis dengan perkembangan moral dan sosial individu dan mempunyai implikasi penting terhadap kebijakan pendidikan. Kajian tersebut menyimpulkan bahwa memasukkan prinsip-prinsip demokrasi ke dalam nilai-nilai dan pengembangan karakter dapat menciptakan generasi muda yang berintegritas dan bertanggung jawab, serta mendorong partisipasi aktif dalam kehidupan demokratis masyarakat.
Copyrights © 2025