Madrasah Ibtidaiyah Research Journal
Vol 3, No 1 (2025)

Pengaruh Media Magnet Bilangan Matematika (Magenta) terhadap Kemampuan Berhitung Bilangan Bulat Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Azizah, Wafiq (Unknown)
Zakaria, Zakaria (Unknown)
Basysyar, Andi Haura Rafiqah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media magnet bilangan matematika terhadap kemampuan berhitung bilangan bulat pada siswa SD kelas II. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah matcing pre-test dan post-test control group design dengan pendekatan pedagogik. Populasi siswa kelas II SD Inpres 7/83 Pakkasalo sebanyak 50 siswa. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas II A dan II B yang masing-masing berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian berdasarkan IBM SPSS Statistic 23, kemampuan berhitung siswa kelas kontrol pada pre-test memiliki rata-rata 48,80 dan kelas eksperimen memiliki rata-rata 54,00. Kemudian, kemampuan berhitung siswa kelas kontrol pada post-test memiliki rata-rata 66,00 dan kelas eksperimen memiliki rata-rata 89,60. Jadi, kemampuan berhitung siswa mengalami peningkatan. Hasil uji post hoc bahwa diperoleh post-test kelas kontrol dan post-test kelas eksperimen nilai sig (p-value) sebesar 0,000 0,005, terdapat perbedaan pada hasil post-test kelas kontrol dan eksperimen. Maka hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan H0 = ditolak dan H1 = diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa media magnet bilangan matematika berpengaruh terhadap kemampuan berhitung bilangan bulat siswa kelas II SD Inpres 7/83 Pakkasalo, Kabupaten Bone.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

maraja

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Madrasah Ibtidaiyah Research Journal, is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. This journal is published two times ...