Madrasah Ibtidaiyah Research Journal
Vol 3, No 1 (2025)

Efektivitas Penggunaan Media Block Dienes untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN 249 Muara, Kabupaten Bone

Purnama, Sindy Rela (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Block Dienes untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV di SDN 249 Muara, Kabupaten Bone terkait konsep bilangan bulat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 249 Muara yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini menggunakan Instrumen berupa tes pemahaman konsep bilangan bulat berbentuk pilihan ganda dan uraian. Kemudian, dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik melalui program Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 25. Adapun hipotesis penelitian ini yaitu “media block dienes tidak efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat siswa kelas IV SDN Muara” sebagai H0 dan “media block dienes efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat siswa kelas IV SDN Muara” sebagai H1. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Block Dienes cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa terkait bilangan bulat. Hal tersebut terbukti pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasilnya adalah nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 0,05. Hal itu menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media block dienes efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat siswa kelas IV SDN Muara, Kabupaten Bone.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

maraja

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Madrasah Ibtidaiyah Research Journal, is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. This journal is published two times ...