Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI pada materi bilangan desimal. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan metode one group pre-test and post-test. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Megonten 1, berjumlah 17 siswa. Data dikumpulkan melalui tes untuk mengukur hasil belajar kognitif dan angket untuk mengukur hasil belajar afektif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT berbantuan aplikasi Wordwall secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, dengan peningkatan rata-rata nilai post-test dibandingkan pre-test. Selain itu, hasil angket menunjukkan peningkatan motivasi, partisipasi, dan minat belajar siswa, yang mencerminkan dampak positif pada ranah afektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Team Games Tournament berbantuan aplikasi Wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi bilangan desimal siswa kelas VI SD Negeri Megonten 1.
Copyrights © 2025