MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 4 No. 1 (2024)

MANAJEMEN KOMUNIKASI PADA AKUN INSTAGRAM @BATANG.UPDATE SEBAGAI PLATFORM CITIZEN JOURNALISM

Aminatuzahra, Namira (Unknown)
Astuti, Yanti Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Citizen journalism muncul sebagai respons atas ketidakpuasan publik terhadap media arus utama, yang menyediakan platform untuk berekspresi secara independen dan berbagi informasi. Namun pembatasan konten dan pemilahan informasi yang diterapkan pada akun Instagram @batang.update bertentangan dengan tujuan utama citizen journalism yang seharusnya mengedepankan kebebasan dan independensi. Oleh karena itu, diperlukan manajemen komunikasi yang efektif untuk memastikan akun Instagram @batang.update dapat menjadi platform citizen journalism yang benar-benar informatif dan obyektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teori manajemen komunikasi untuk menganalisis bagaimana manajemen komunikasi yang diterapkan mempengaruhi penyajian dan penerimaan konten oleh pengikut akun. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa manajemen komunikasi pada akun Instagram @batang.update efektif menjadikannya sebagai platform citizen journalism yang informatif, meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Namun, ditemukan konten yang menimbulkan keluhan dari pengikutnya. Pada akun ini juga terdapat pemilahan dan pembatasan konten yang dapat mengurangi keragaman opini dan informasi. Akun @batang.update juga harus memprioritaskan kebenaran berita dibandingkan kecepatan penyajiannya. Selain itu, penting untuk memperhatikan praktik sponsorship dan endorsement agar tidak merusak kepercayaan pengikut terhadap kredibilitas informasi yang disajikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

massive

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi menerbitkan artikel ilmiah berisi hasil penelitian atau pemikiran konseptual terkini bidang ilmu komunikasi diantaranya adalah broadcasting (televisi, radio, dan film), jurnalistik dan fotografi, jurnalisme data, periklanan, komunikasi pemasaran, komunikasi kesehatan, ...