JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
Vol 10, No 2 (2025)

Interaksi Augmented Reality Menggunakan Boxcollider Dalam Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris

Zulkifli, Zulkifli (Unknown)
Joefrie, Yuri Yudhaswana (Unknown)
Nugraha, Deny Wiria (Unknown)
Lapatta, Nouval Trezandy (Unknown)
Syahrullah, Syahrullah (Unknown)
Angreni, Dwi Shinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Teknologi Augmented Reality (AR) telah menjadi salah satu inovasi terdepan dalam meningkatkan pengalaman belajar interaktif. Penelitian ini mengkaji penggunaan AR dalam aplikasi pengenalan bahasa Inggris dengan memanfaatkan fitur BoxCollider untuk interaksi pengguna. Ap-likasi ini dirancang untuk membantu pengguna, terutama pelajar, dalam mengenali dan memahami kosakata bahasa Inggris melalui pengalaman visual dan interaktif. BoxCollider digunakan untuk mendeteksi interaksi antara pengguna dan objek virtual yang ditampilkan di layar, memung-kinkan respons langsung terhadap tindakan pengguna seperti menyentuh atau menggerakkan objek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan BoxCollider dalam AR meningkatkan keterlibatan pengguna dan memudahkan proses belajar. Pengguna dapat berinteraksi dengan berbagai objek yang mewakili kata-kata bahasa Inggris, sehingga mem-berikan konteks visual yang kuat dan mendukung pemahaman kosakata secara lebih efektif. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam pengajaran bahasa Inggris, menawarkan metode bela-jar yang lebih menarik dan interaktif dibandingkan dengan metode kon-vensional

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) e-ISSN: 2540 - 8984 was made to accommodate the results of scientific work in the form of research or papers are made in the form of journals, particularly the field of Information Technology. JIPI is a journal that is managed by the ...