JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 12 No 2 (2025)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Prajayana, Marfita Ike (Unknown)
Farihah, Ifta (Unknown)
Inganah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada topik sifat cahaya dapat meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas 5 SDN 4 Mendenrejo dengan menerapkan model Discovery Learning yang dipadukan dengan teknologi digital, seperti video pembelajaran, Chromebook, dan aplikasi Wordwall. Model ini mendorong siswa untuk secara mandiri menemukan konsep melalui eksplorasi dan interaksi aktif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, video pembelajaran mempermudah siswa memahami konsep abstrak seperti sifat cahaya. Chromebook mendukung eksplorasi mandiri, meningkatkan kemandirian, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab. Sementara itu, kuis interaktif Wordwall membantu memperkuat pemahaman konsep sekaligus meningkatkan keterlibatan siswa. Integrasi teknologi digital dalam model Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, dan pemahaman siswa. Penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan ini dapat menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...