Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada topik sifat cahaya dapat meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas 5 SDN 4 Mendenrejo dengan menerapkan model Discovery Learning yang dipadukan dengan teknologi digital, seperti video pembelajaran, Chromebook, dan aplikasi Wordwall. Model ini mendorong siswa untuk secara mandiri menemukan konsep melalui eksplorasi dan interaksi aktif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, video pembelajaran mempermudah siswa memahami konsep abstrak seperti sifat cahaya. Chromebook mendukung eksplorasi mandiri, meningkatkan kemandirian, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab. Sementara itu, kuis interaktif Wordwall membantu memperkuat pemahaman konsep sekaligus meningkatkan keterlibatan siswa. Integrasi teknologi digital dalam model Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, dan pemahaman siswa. Penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan ini dapat menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan.
Copyrights © 2025