Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh paparan buku cerita di PAUD Anggrek terhadap keterampilan membaca anak usia prasekolah. Lima belas anak dibagi menjadi dua kelompok, satu untuk berpartisipasi dalam eksperimen dan satu lagi sebagai kontrol dalam penelitian kuantitatif yang menggunakan desain eksperimen ini. Studi tersebut menemukan bahwa keterampilan membaca awal anak-anak meningkat secara signifikan ketika mereka menggunakan media buku cerita. Dibandingkan dengan kelompok kontrol, kelompok eksperimen memiliki skor rata-rata pasca-tes yang lebih tinggi, yang menunjukkan bahwa media buku cerita berhasil meningkatkan kemampuan membaca. Selain itu, observasi selama sesi pembelajaran menunjukkan bahwa anak-anak dalam kelompok eksperimen lebih terlibat dan memiliki minat yang lebih tinggi terhadap pembelajaran. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kurikulum di PAUD Anggrek, dengan rekomendasi untuk mengintegrasikan media buku cerita dalam kegiatan pembelajaran harian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pemahaman mengenai strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam menstimulasi minat baca pada anak usia dini dan menjadi dasar bagi pengembangan kurikulum yang lebih berorientasi pada literasi anak usia dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025