Jurnal Bisnis Digital dan Enterpreneur (BISENTER)
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Bisnis Digital dan Enterpreneur

Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kopi Tuku di Pasar Santa

Musfirah, Ria (Unknown)
Syarif, Nurnaningsih (Unknown)
Harisa, Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

ABSTRACT The objective of this study is to understand how product quality and service quality impact customer satisfaction. The research data is derived from surveys completed by the respondents. The researcher employed quantitative as the methodology. The data analyzed by using SPSS 23 for 40 respondents who have purchased and consumed product Kopi Tuku at Pasar Santa. The findings from the hypothesis test T - test) illustrate that the calculated t value suggests a considerable influence of both product quality and service quality on customer satisfaction 5.886 and 7.713 respectively exceeding the t table value. The conclusion that can be drawn the key finding from this study is that both the quality of the product and the quality of service exerted a substantial and positive influence on customer satisfaction ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak kualitas produk dan kualitas pelayanan pada tingkat kepuasan pelanggan. Data penelitian berasal dari kuesioner responden. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 23 dengan 40 responden yang telah membeli dan mengkonsumsi produk Kopi Tuku di Pasar Santa. Temuan dari uji hipotesis (Uji-T) mengindikasikan bahwa adanya dampak yang signifikan dari product quality dan service quality terhadap tingkat kepuasan pelanggan., yang diindikasikan oleh nilai t hitung masing-masing sebesar 5,886 dan 7,713 melebihi nilai t- tabel. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa kualitas baik product maupun service memiliki dampak positif dan signifikan terhadap tingkatkepuasan pelanggan.

Copyrights © 2023