Jurnal Bisnis Digital dan Enterpreneur (BISENTER)
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Bisnis Digital dan Enterpreneur

Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Alun-alun Epicentrum Kota Watampone

Lisda (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPI Bone)
Syahrir Pawerangi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPI Bone)
Marniati Syam (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPI Bone)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui strategi bisnis pedagang kaki lima di Alun-Alun Epicentrum Kota Watampone. 2). Untuk mengetahui strategi bisnis yang tepat dalam meningkatkan pendapatan pedagang kaki lima di Alun-Alun Epicentrum Kota Watampone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan tujuan untuk memeperoleh data yang lebih akurat mengenai strategi bisnis di Alun-Alun Epicentrum Kota Watampone dalam meningkatkan pendapatan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendeketan kualitiatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data induktif yaitu dengan mendapatkan data fakta yang ada kemudian diuraikan terlebih dahulu lalu dianalisis dengn teori yang akhirnya ditarik kesimpulan dari penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pengembangan yang digunakan oleh Pedagang Kaki Lima di Alun-alun Epicentrum Kabupaten Bone yaitu: 1) Menjual produk terbaru yang banyak diminati oleh masyarakat dan juga bervariasi sehingga menjadi daya tarik tersendiri kepada masyarakat untuk berkunjung ke Alun-alun Epicentrum Kabupaten Bone. 2) Dengan memanfaatkan lokasi Alun-alun dimana Alun-alun merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat untuk sekedar liburan, berolahraga ataupun berkumpul dengan keluarga bahkan teman terdekat sehingga dimanfaatkan oleh Pedagang Kaki Lima untuk berjualan di sekitar Alun-alun Epicentrum Kabupaten Bone

Copyrights © 2023