Cerita pendek karya guru sering menceritakan perilaku tokoh di lingkungannya yaitu peserta didik dan guru. Penyimpangan perilaku peserta didik menjadi bahan cerita yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah: (a) mendeskripsikan penyimpangan perilaku tokoh dalam antologi cerita pendek Menembuis Horizon karya Mardisah, dan (b) memaparkan potensi hasil analisis penyimpangan perilaku tokoh tersebut sebagai bahan edukasi manajemen emosi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data berupa kata, kalimat, maupun paragraf dalam antologi cerpen Menembus Horizon karya Warsidah dan informasi hasil diskusi guru dan dosen. Data-data ini dikumpulkan dari sumber data antologi cerita pendek Menembus Harapan karya Marsidah yang diterbitkan oleh yayasan Haidayatul Mubtadiin pada 2021 dan peserta diskusi (guru dan dosen). Data-data dikumpulkan dengan cara dibaca secara cermat, diidentifikasi bagian yang mengandung informasi penyimpangan perilaku, dan diskusi dengan guru dan dosen. Teknik analisis data yang digunakan dengan heuristik dan hermeunitik. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut. (a) Penyimpangan perilaku tokoh dalam antologi cerita pendek berupa penyimpangan perilaku individu yang meliputi perilaku lahiriah dan simbolik. (b) Hasil analisis penyimpangan perilaku tersebut dapat dijadikan bahan edukasi manajemen emosi yaitu bahan edukasi menyadari emosi diri dan orang lain, memahami pengalaman emosional, mengatur emosi untuk beradaptasi, serta mengekspresikan emosi.
Copyrights © 2024