Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2025): VOL 5 NO 1

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RASIONAL

Nisah, Hairun (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Tujuan  penelitian adalah  mendeskripsikan  pembelajaran  berdiferensiasi  dengan model PBL dalam  meningkatkan  hasil  belajar  peserta didik dalam  pembelajaran  matematika.  Penelitian  ini  dilaksanakan  di   SMP  Negeri  1  Simpang Empat,  dengan  subjek  penelitian  adalah  kelas  VII. Prosedur  penelitian  dengan  mengikuti  alur  PTK  yaitu  mulai  dari  perencanaan  pelaksanaan penelitian,  evaluasi,  dan  refleksi.  Data  dikumpulkan  dengan  lembar  observasi  yang  diperoleh  melalui pengamatan   proses   pembelajaran   dan   melalui   hasil   tes   evaluasi   disetiap   akhir   siklus pembelajaran   dengan   menggunakan   instrumen   tes.   Data  dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan pada 33 peserta didik dengan  perolehan   ketuntasan   klasikal  siklus   I   sebesar  61%, dari total keseluruhan peserta didik memperoleh nilai yang  memenuhi  standar  ketuntasan.  Kemudian  pada  siklus  II  dengan  perolehan  ketuntasan sebesar  79% peserta didik  memenuhi  standar ketuntasan. Penerapan pembelajaran  berdiferensiasi dengan model PBL dapat meningkatkan  hasil belajar  peserta didik  melalui  pengkalsifikasian  kemampuan  siswa,  menggunakan  pengembangan materi yang bervariasi sesuai kemampuan peserta didik, dan melakukan pendekatan secara individu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KJPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics ...