Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi dengan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Simpang Empat, dengan subjek penelitian adalah kelas VII. Prosedur penelitian dengan mengikuti alur PTK yaitu mulai dari perencanaan pelaksanaan penelitian, evaluasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan lembar observasi yang diperoleh melalui pengamatan proses pembelajaran dan melalui hasil tes evaluasi disetiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan instrumen tes. Data dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan pada 33 peserta didik dengan perolehan ketuntasan klasikal siklus I sebesar 61%, dari total keseluruhan peserta didik memperoleh nilai yang memenuhi standar ketuntasan. Kemudian pada siklus II dengan perolehan ketuntasan sebesar 79% peserta didik memenuhi standar ketuntasan. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pengkalsifikasian kemampuan siswa, menggunakan pengembangan materi yang bervariasi sesuai kemampuan peserta didik, dan melakukan pendekatan secara individu.
Copyrights © 2025