Sosialisasi perpajakan dapat memperkuat hubungan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Berbeda dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Meifari (2020) menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan belum terlalu berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak maka dibutuhkan adanya motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan serta pengaruh antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel independen yaitu kualitas pelayanan pajak dan motivasi wajib pajak terhadap variabel dependen yaitu kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi. Hasil penelitian ini adalah Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, Motivasi wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi, Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi
Copyrights © 2025