Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa dalam Pembelajaran Sejarah

Zachary, Hafidz (Unknown)
Supriatna, Nana (Unknown)
Saripudin, Didin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Kajian ini berangkat dari permasalahan mendasar yang ditemukan dalam proses pembelajaran Sejarah di SMK Mahardhika, di mana kegiatan pembelajaran cenderung terpaku pada metode konvensional seperti penyampaian materi secara tekstual, narasi monoton, dan penghafalan tanpa pemahaman mendalam. Melalui identifikasi permasalahan tersebut, terungkap bahwa inti dari tantangan pembelajaran adalah bagaimana mengimplementasikan strategi pembelajaran berdiferensiasi guna meningkatkan kesadaran sejarah peserta didik di kelas XI RPL 1 SMK Mahardhika. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan pendekatan efektif dalam menanamkan kesadaran sejarah melalui metode yang lebih dinamis dan adaptif. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang memungkinkan pengembangan dan evaluasi metode secara berkelanjutan dalam konteks pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan signifikan. Pertama, perancangan pembelajaran telah dirumuskan dengan cukup matang, meskipun terdapat beberapa kendala dan ketidaksesuaian pada tahap awal implementasi. Kedua, pendidik mampu menjalankan proses pembelajaran secara konsisten dengan desain yang telah dirancang, khususnya dalam konteks penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini mengindikasikan bahwa strategi ini memiliki potensi besar dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan kontekstual bagi siswa. Ketiga, peningkatan pemahaman kesadaran sejarah telah berhasil meningkat karena dibantu dengan pembelajaran berdiferensiasi berbasi konten. Keempat, kendala yang dihadapi oleh guru mitra yang paling utama bentuk penugasan yang kurang diminati akan tetapi diatasi dengan diferensiasi konten gaya belajar. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran karena bisa memuat berbagai macam kebutahan atau karateristik siswa dalam pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...