Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Teknik Permainan Simulasi dengan Menggunakan Media Monopoli Karier dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Pemahaman Studi Lanjut Siswa SMA

Utami, Yuni Setyo (Unknown)
Muslihati, Muslihati (Unknown)
Hambali, Im (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Proses mengambil keputusan studi lanjut pada masa Sekolah Menengah Atas adalah periode krusial dalam kehidupan siswa, karena akan memiliki pengaruh terhadap kehidupan selanjutnya khususnya dalam bidang pendidikan. Permasalahan pokok yang kerap dihadapi oleh siswa SMA adalah sulitnya memutuskan serta mencari studi lanjutan pada jenjang perguruan tinggi karena kurangnya wawasan, pengetahuan, serta informasi yang cukup dalam pengambilan keputusan karier. Penerapan bimbingan kelompok dapat membantu peserta didik untuk saling berbagi informasi mengenai studi lanjut dari masing-masing anggota kelompok, permainan simulasi monopoli karier merupakan media pembelajaran berupa permainan yang dirancang untuk menyampaikan informasi karier. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik permainan simulasi monopoli karier untuk membantu pemahaman studi lanjut siswa, karena terdapat temuan hasil penelitian yang bertolak belakang. Metode penelitian Systematic Literature Review (SLR) diterapkan dalam penelitian ini. Hasil kajian yang didapat berupa 14 artikel yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik permainan simulasi dengan menggunakan media monopoli dapat membantu siswa untuk pemahaman studi lanjutnya. Namun, perlu adanya penelitian kuantitatif untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi menggunakan media monopoli untuk pemahaman studi lanjut siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...