Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Strategi Structured Learning Approach (SLA) dalam Bimbingan Kelompok untuk Membentuk Self Awareness

Susilo, Eko Yudi (Unknown)
Hambali, IM (Unknown)
Muslihati, Muslihati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Self awareness atau kesadaran diri merupakan kemampuan mengamati diri, mengenali perasaan dan memahami hubungan antara pikiran, perasaan dan bagaimana pengaruhnya, mengetahui apakah pikiran atau perasaan mempengaruhi keputusan, mengenali kekuatan-kelemahan diri dan mampu melihat diri secara positif dan realistis. Self awareness merupakan unsur yang penting dalam perkembangan pribadi peserta didik sebab berpengaruh terhadap pola pikir dan tingkah laku. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji layanan bimbingan kelompok dengan strategi Structured Learning Approach (SLA) untuk membentuk self awareness. Metode dalam penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR). Hasil kajian literatur yang ditemukan sebanyak 30 karya ilmiah namun terdapat 10 artikel yang relevan dengan penelitian. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan bimbingan kelompok menggunakan strategi Structured Learning Approach (SLA) diprediksi dapat membantu dalam membentuk self awareness peserta didik. Penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan ilmiah dalam pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan strategi Structured Learning Approach (SLA) untuk membentuk self awareness peserta didik. Penelitian ini dapat juga digunakan sebagai landasan teoritik penelitian selanjutnya. Hasil penelitian yang didapatkan dari pengkajian artikel, disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dapat meningkatkan self awareness . Penelitian ini juga perlu adanya penelitian lanjutan untuk menguji apakah terdapat pengaruh dari strategi Structured Learning Approach (SLA) dalam bimbingan kelompok untuk membentuk self awareness peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...