Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Pengaruh Penggunaan Bahasa Jawa Metode IMMANN terhadap karakter Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Yogyakarta

Kurnia, Heri (Unknown)
Trisnawati, Ika Rahayu (Unknown)
Putri, Mas Fierna Janvierna Lusie (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Adanya modernisasi di perkembangan zaman ini telah merubah tatanan bahasa yang digunakan oleh masyarakat, khususnya pada anak muda. Pelestarian bahasa daerah (Bahasa Jawa) ke anak muda mengalami penurunan yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pergaulan dalam berteman, tidak ada keseimbangan dalam memakai bahasa daerah dan bahasa nasional baik di lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah. Hal ini dapat menjadi adanya pergeseran penggunaan bahasa Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan bahasa Jawa metode IMMANN terhadap pendidikan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik simple random sampling atau acak sederhana. Penggunaan sampel sebanyak 247 siswa dari banyaknya populasi sebesar 853 siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Yogyakarta pada bulan Maret sampai April 2023. Dalam pengolahan data peneliti menggunakan bantuan program SPSS versi 23. Analisis statistik menghasilkan persamaan regresi Y= 4,449 + 1,002X, artinya jika nilai penggunaan bahasa Jawa metode IMMANN (X) meningkat 1 satuan maka nilai Pendidikan karakter (Y) akan meningkat sebesar 1,002 satuan dengan nilai konstanta 4,449. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel independen terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen. Koefisiensi determinasi (R Square) sebesar 0,550 artinya variabel bebas mempengaruhi variabel terikat sebesar 55% dan sisanya sebesar 45% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...